TUPOKSI DAN STRUKTUR BIDANG PENDATAAN PENETAPAN PEMBUKUAN DAN PELAPORAN

BIDANG PENETAPAN PENDATAAN PEMBUKUAN DAN PELAPORAN

TUGAS POKOK

Bidang Penetapan Pendataan Pembukuan dan Pelaporan Pendapatan Daerah Mempunyai Tugas :

  • Menyusun kebijakan teknis, melaksanakan kegiatan pendataan,      pendaftaran, penetapan, penilaian, dokumentasi, pengelohan data Wajib Pajak daerah, informasi objek pajak daerah, pembukuan penerimaan, evaluasi pelaporan pendapatan daerah lainnya.

FUNGSI

Bidang Penetapan Pendataan Pembukuan dan Pelaporan Pendapatan Daerah Mempunyai Fungsi :

  • Pelaksanaan pelayanan atas permohonan wajib pajak;
  • Pelaksanaan pelayanan konsultasi dan informasi kepada wajib pajak.
  • Pelaksanaan pendaftaran, pendataan, penilaian dan penetapan subjek/objek pajak;
  • Pelaksanaan pengolahan data danverifikasi subyek/obyek pajak daerah;
  • Perumusan pengelolaan data induk wajib pajak;
  • Pelaksanaan penetapan dan penerbitan surat ketetapan pajak daerah (SKPD)/surat pemberitahuan pajak terhutang (SPPT)/daftar himpunan ketetapan pajak (DHKP) dan dokumen lainnya;
  • Perumusan dan penyampaian surat pemberitahuan objek pajak (SPOP) kepada wajib pajak serta menerima kembali isian SPOP dari wajib pajak;
  • Perumusan dan penyampaian surat pemberitahuan objek pajak (SPOP) kepada wajib pajak serta menerima kembali isian SPOP dari wajib pajak;
  • Pelaksanaan pendaftaran dan penetapan nomor obyek pajak (NOP);
  • Pelaksanaan pendaftaran, penetapan, penerbitan dan penyampaian kartu pengenal nomor pokok wajib pajak daerah (NPWPD);
  • Pelaksanaan verifikasi dan validasi SPTPD bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB)
  • Pelaksanaan pelaporan atas pemungutan ;
  • Pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan;
  • Pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Badan

Dalam menyelenggarakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), Bidang Penetapan, Pendataan, Pembukuan dan Pelaporan Pendapatan Daerah dibantu oleh :

  • Sub Bidang Penetapan Pendapatan Daerah
  • Sub Bidang Pendataan Pendapatan Daerah
  • Sub Bidang Pembukuan dan Pelaporan Pendapatan Daerah

  Masing-masing sub bidang dipimpin oleh seorang kepala sub bidang yang dalam pelaksanaan tugasnya bertanggungjawab kepada kepala bidang.

Sub Bidang Penetapan Pendapatan Daerah

Sub Bidang Penetapan Pendapatan Daerah Mempunyai Fungsi :

  • Menyusun dan menyampaikan blangko SPTPD kepada wajib pajak; 
  • Melakukan pendaftaran dan menetapkan NPWPD;
  • Melakukan verifikasi pelaporan SPTPD dari wajib pajak;
  • Melakukan pelayanan atas permohonan wajib pajak;
  • Melakukan pelayanan konsultasi dan informasi kepada wajib pajak;
  • Melakukan penerbitan dan menyampaikan kartu NPWPD;
  • Melakukan pengolahan data dan verifikasi subyek/obyek pajak daerah;
  • Melakukan penetapan dan menerbitkan SKPD/ SPPT/DHKP dan dokumen lainnya;
  • Melakukan evaluasi dan menyusun laporan;
  • Melakukan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Penetapan, Pendataan, Pembukuan & Pelaporan Pendapatan Daerah.

Sub Bidang Pendataan Pendapatan Daerah

Sub Bidang Pendataan Pendapatan Daerah Mempunyai Fungsi :

  • Menyusun dan menyampaikan blangko SPOP/lampiran surat pemberitahuan objek pajak (SPOP) kepada wajib pajak;
  • Melakukan pendataan obyek pajak dan retribusi daerah;
  • Melakukan penerimaan SPOP/SPOP dari wajib pajak;
  • Melakukan pendaftaran dan menetapkan nomor obyek pajak (NOP);
  • Melakukan pendataan lapangan/lokasi obyek pajak;
  • Melakukan penilaian obyek pajak;
  • Melakukan verifikasi data SPOP/SPOP PBB perdesaan dan perkotaan;
  • Melakukan verifikasi dan validasi SPTPD BPHTB;
  • Melakukan evaluasi dan menyusun laporan;
  • Melakukan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh kepala bidang pendataan dan penetapan

Sub Bidang Pembukuan dan Pelaporan Pendapatan Daerah

Sub Bidang Pendataan Pendapatan Daerah Mempunyai Fungsi :

  • Melakukan penyusunan dan pelaporan pendapatan daerah;
  • Melakukan rekonsiliasi penerimaan PAD;
  • Menyiapkan surat peringatan/teguran kepada UPTD dan satuan kerja perangkat daerah;
  • Penyiapan laporan penerimaan dan tunggakan atas pemungutan, pembayaran, dan penyetoran pajak daerah serta pendataan daerah lainnya;
  • Pelaksanaan pembukuan hasil penerimaan pajak;
  • Menyiapkan bahan penyusunan laporan realisasi pendapatan daerah bulanan, triwulan dan tahunan;
  • Melaksanakan evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan tugas sub bidang pelaporan;
  • Melakukan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh kepala bidang pendataan dan penetapan melakukan pencatatan dan akses data penerimaan PAD dalam program system aplikasi keuangan.

STRUKTUR ORGANISASI

MAPS BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAERAH

IT BPKD
IT BPKD
Kab.Tanggamus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *