RUMAH INFORMASI SEKERTARIAT BPKD

SEKERTARIAT BPKD

TUGAS POKOK

Sekretariat mempunyai tugas memimpin, merencanakan, mengatur dan mengendalikan kegiatan penyelenggaraan kesekretariatan yang meliputi umum keuangan, rumah tangga, perencanaan, pelayanan teknis administrasi bidang keuangan.

FUNGSI

Sekretaris mempunyai fungsi:

  1. Menyusun rencana kerja dan rencana anggaran bidang umum dan keuangan serta perencanaan;
  2. Mendistribusikan tugas dan memberikan petunjuk kepada bawahan dalam rangka melaksanakan tugas ketatausahaan;
  3. Mengkoordinasikan kegiatan bawahan;
  4. Memantau kegiatan bawahan;
  5. Menyelenggarakan kegiatan tata usaha Badan Pengelola Keuangan Daerah;
  6. Memberi pelayanan administrasi bidang pendapatan, pengelolaan keuangan;
  7. Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan displin pegawai sesuai dengan peaturan perundang-undangan yang berlaku serta memberi motifasi dalam upaya peningkatan kinerja pegawai;
  8. Melakukan koordinasi antar bidang dalam rangka pelaksanaan dan pengendalian program kerja Badan Pengelola Keuangan Daerah;
  9. Menelaah, menganalisa, meneliti, mengkaji dan memaraf naskah Badan yang akan ditanda tangani oleh Kepala Badan;
  10. Mengatur dan mengendalikan pengelolaan anggaran Belanja Langsung dan Belanja Tidak Lansung serta administrasi keuangan;
  11. Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktifitas kerja;
  12. Menandatangani naskah dinas yang bersifat biasa dan bukan merupakan kebijakan untuk SKPD sederajat dan atau untuk instansi dibawahnya;
  13. Mengkoordinasikan antar bidang dalam rangka pelaksanaan dan pengendalian program kerja Badan Pengelola Keuangan Daerah;
  14. Memberi petunjuk dalam proses perencanaan pengadaan barang, penyimpanan, pendistribusian, penggunaan, perawatan seluruh inventaris dan usulan penghapusan barang inventaris;
  15. Mengkoordinasikan persiapan rapat yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Keuangan Daerah;
  16. Melakukan koordinasi dalam penyusunan dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) dan pelaksanaan anggaran belanja langsung dan belanja tidak lansung;
  17. Bertanggungjawab atas keamanan dalam terhadap personil, mateerial, dan informasi;
  18. Meneliti hasil kerja bawahan dalam bidang ketatausahaan;
  19. Mengevaluasi hasil kerja bawahan sebagai bahan pembinaan dalam penyelenggaraan peningkatan produktifitas kerja;
  20. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai pertimbangan dalam pengembangan karier;
  21. Melaporkan hasil kerja bidang ketatausahaan kepada atasan;
  22. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintah oleh atasan.

Dalam menyelenggarakan tugas dan fungsinya, Sekretariat dibantu oleh :
  1. Sub Bagian Umum Dan Kepegawaian
  2. Sub Bagian Perencanaan
  3. Sub Bagian Keuangan

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi:
  1. Menyusun rencana kerja dan rencana anggaran pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  2. Mendistribusikan tugas dan memberikan petunjuk kegiatan kepada bawahan;
  3. Mengkoordinasikan kegiatan bawahan.
  4. Memantau kegiatan bawahan dalam rangka pelaksanaan tugas.
  5. Menyelenggarakan kegiatan tata usaha Badan Pengelola Keuangan Daerah.
  6. Melaksanakan persiapan teknis kegiatan rapat dilingkungan Badan Pengelola Keuangan Daerah.
  7. Menyusun konsep pemeliharaan dan pemakaian kendaraan dinas serta inventaris kantor lainya pada Badan Pengelola Keuangan Daerah.
  8. Mengontrol pendistribusian barang lingkungan Badan Pengelola Keuangan Daerah;
  9. Menyusun konsep teknis pemeliharaan, ketertiban, keamanan dan keindahan kantor.
  10. Memilah naskah dinas untuk diproses lebih lanjut sesuai dengan bidangnya.
  11. Menyelenggarakan administrasi kepegawaian Badan Pengelola Keuangan Daerah.
  12. Menyiapkan bahan- bahan untuk pembinaan kepegawaian menyusun rencana peningkatan kualitas SDM dan membuat daftar urut kepangkatan (DUK);
  13. Memproses ijin cuti kepegawaian dan melayani pembuatan administrasi kepegawaian;
  14. Menyusun rencana kebutuhan pemeliharaan sarana dan prasarana kantor Badan Pengelola Keuangan Daerah;
  15. Menata naskah surat - surat dari dan pada Badan Pengelola Keuangan Daerah;
  16. Mengumpulkan, mengolah serta menyajikan data kepegawaian, menyusun laporan administrasi kepegawaian;
  17. Menyelenggarakan SIMPENG (sistem informasi manajemen kepegawaian), pada Badan Pengelola Keuangan Daerah;
  18. Melaksanakan pengurusan tata usaha pegawai ( DUK, KARPEG, KARIS, KARSU, SKP, dan daftara hadir ) pada Badan Pengelola Keuangan Daerah;
  19. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan kareir.
  20. Menyusun konsep pendistribusian barang inventaris kantor dan memelihara keindahan kantor.
  21. Mengevaluasikan hasil kerja bawahan dalam rangka pelaksanaan tugas.
  22. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian pada atasan.
  23. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diperintahkan atasan.

Sub Bagian Perencanaan mempunyai fungsi:
  1. Menyusun perencanaan kegiatan dan rencana anggaran di Sub Bagian Perencanaan.
  2. Mendistribusikan tugas dan memberikan petunjuk kepada bawahan dalam melaksanakan tugas di Sub Bagian Perencanaan;
  3. Mengkoordinasikan kegiatan bawahan;
  4. Memantau dan mengendalikan kegiatan bawahan lingkup Sub Bagian Perencanaan;
  5. Mengolah, menganalisa dan menyajikan data statistik Badan Pengelola Keuangan Daerah;
  6. Memantau penyelenggaraan kegiatan tahunan Badan Pengelola Keuangan Daerah;
  7. Mengumpulkan data kegiatan di dalam Badan Pengelola Keuangan Daerah;
  8. Membuat dan melaporkan kegiatan tahunan Badan Pengelola Keuangan Daerah;
  9. Melaksanakan, mengkoordinasikan dan melaporkan hasil program pada Badan Pengelola Keuangan Daerah secara triwulan;
  10. Menyusun dan membuat laporan LAKIP atau laporan Tahunan Badan Pengelola Keuangan Daerah;
  11. Melaksanakan koordinasi dengan pihak instansi terkait akan kebutuhan data laporan;
  12. Mengevaluasi hasil kerja lingkup Sub Bagian Perencanaan;
  13. Melaporkan hasil kerja di Sub Bagian Perencanaan;
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintahkan atasan sesuai bidang dan tugasnya;

Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi:
  1. Menyusun rencana kerja dan rencana kerja Sub bagian Keuangan;
  2. Mendistribusikan tugas dan memberikan petunjuk kepada bawahan tentang tata cara mencatat, memilih, menyusun, mengolah dan menganalisa data bahan untuk penyusunan anggaran.
  3. Mengkoordinasikan kegiatan bawahan.
  4. Memantau kegiatan bawahan dalam rangka pelaksanaan tugas
  5. Memeriksa/ mengoreksi / mengontrol kebenaran setiap dokumen dan bukti penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran uang.
  6. Melakukan pengawasan pada bawahan tentang pencatatan dan mengarsipan dokumen / bukti pengeluaran anggaran dan belanja pada Badan Pengelola Keuangan Daerah;
  7. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang – undangan yang berhubungan dengan keuangan;
  8. Menyusun pembukuan dan perhitungan anggaran;
  9. Melaksanakan verifikasi terhadap bukti pengeluaran / surat pertanggung jawab keuangan;
  10. Menyiapkan bahan penyelenggaraan pembinaan administrasi keuangan dan pembendaharaan;
  11. Menyiapkan bahan usul pengangkatan / pemberhentian pejabat pengguna anggaran (PPA), Kuasa pengguna anggaran (KPA), Pejabat pembuat kometmen (P2K), Pejabat pengujian dan perintah pembayaran Surat Perintah membayar (P4SPM), atasan langsung bendaharawan dan pemegang uang muka kerja;
  12. Memproses usul pengangkatan atau pemberhentian bendaharaan KPA/PPTK Sekretaris lingkup SKPD;
  13. Menyelenggarakan pendataan dokumen keuangan dan penyusunan laporan realisasi anggaran;
  14. Menghimpun dan mengklarifikasi laporan hasil pemeriksaan (LHP), serta memantau penyelesaian tindak lanjut LHP;
  15. Membuat konsep usulan pengangkatan dan pemberhentian pemegang kas berdasarkan kebijakan atasan;
  16. Memberikan petunjuk kepada bawahan tentang tata cara pencatatan dan pengarsipan dokumen/ bukti pengeluaran anggaran;
  17. Mengkoreksi hasil kerja bawahan dalam rangka pelaksanaan tugas;
  18. Mengevaluasi dan melaporkan hasil kegiatan Sub Bagian keuangan kepada atasan;
  19. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintahkan atasan;

PRODUK HUKUM

RANCANGAN STARTEGIS

DOKUMEN LAINNYA

GALERI

HUBUNGI KAMI

IT BPKD
IT BPKD
Kab.Tanggamus

(2) Comments

  • Susi September 15, 2021 @ 8:04 am

    Assalammualaikum, selamat siang siang. Bapak/Ibu kami dari bagian keuangan sekdakab tanggamus, meminta BPKD mengadakan Pelatihan atau Bimtek untuk bendahara bendahara dan PPK terkait proses penyusunan SPJ dan perpajakan pusat maupun daerah. Terimakasih

    • Kemala Sari September 15, 2021 @ 9:01 am

      Walaikumsalam kak Susi…
      Kl untuk Sosialisasi Pajak Bagi Bendahara sll kami adakan setiap tahun nya di Aula BPKD Kab. Tanggamus dengan narasumber dr KPP Natar.
      Bila ada permasalahan tentang perhitungan pajak bisa menghubungi bidang Perbendaharaan atau kontak langsung ke AR Natar 082280869663 (Bpk.Fabian)
      Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *